Menu Bar 1

Saturday 15 April 2017

Peminat IAIN Di Jalur SPAN-PTKIN Lebih Kuota, Ini Prodi Favorit

PALANGKARAYA – Kepercayaan calon mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di IAIN Palangkaraya, dari tahun ke tahun terus meningkat.
Itu dibuktikan dari tingginya minat mereka untuk mendaftar melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).
Dalam agenda nasional SPAN-PTKIN yang secara resmi ditutup Jumat (7/4/2017), calon peminat IAIN Palangkaraya di jalur ini berhasil menembus hingga 3.950.
Angka ini mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding 2016 yang ketika itu mencapai 1.653 peminat.
“Dari jumlah tersebut, 785 peminat menjadikan IAIN Palangkaraya sebagai piliha pertama. Sementara kuota untuk jalur SPAN-PTKIN hanya sebanyak 506,” ujar Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Elmi AS Pelu, Sabtu (8/4/2017).
Mereka kebanyakan berasal dari luar provinsi di tanah air.
Fakta ini juga menjadi indikator kenaikan yang signifikan kepercayaan masyarakat terhadap IAIN Palangkaraya sebagai perguruan tinggi pilihan.
Dari empat fakultas yang ada di IAIN Palangkaraya, sebut Ibnu Elmi, animo terbesar pendaftar antara lain pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada program studi (prodi) Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Hukum Ekonomi Syariah.
Hal serupa juga terjadi pada Fakultas Syariah untuk prodi Al Ahwal Al Syakhsiyyah. Sementara pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pendaftar dengan jumlah fantastik pada prodi PAI.
“Sedangkan pada prodi lama yang masih laris manis yaitu PAI, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Fisika dan Tadris Biologi,” kata Ibnu.
Setelah SPAN-PTKIN, masih ada dua model seleksi lagi yang harus dijalani calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi. Yakni seleksi nasional berupa Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara tertulis dan jalur lokal mandiri.
Berdasarkan jadwal, UM-PTKIN mulai dibuka sejak 10 April hingga 10 Mei 2017. Selanjutnya dilakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.
“Melihat keadaannya, kami yakin pada tahun ini target penerimaan 1.000 mahasiswa baru akan tercapai,” tambah Ibnu Elmi AS Pelu. (*)
sumber:http://kalteng.tribunnews.com/2017/04/08/peminat-iain-di-jalur-span-ptkin-lebih-kuota

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung dan mohon komentar yang membangun namun santun...