Menu Bar 1

Thursday 20 November 2014

Makalah Buah



Cover

MAKALAH
“BUAH”
Di Susun Oleh:
Auliani, NIM :130114032
Purwati, NIM : 13011403
Hendra Jaya Saputra, NIM: 1301140327
Sari Nur Hafizah, NIM : 1301140340





Dibuat Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah: MORFOLOGI TUBUHAN
Dosen Pengampuh: NURUL SEPTIANA,M.Pd


PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
2014 M / 1435 H



Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada kehadirat allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaian makalah yang amat sederhana ini, meskipun sangat jauh dari kata sempurna. Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan kepada junjuungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat, serta kita umat beliau hingga akhir zaman.
Tujuan dalam pembuatan makalah ini antara lain untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah “MORFOLOGI TUMBUHAN”. Selain itu juga untuk menambah ilmu, dan wawasan bagi para pembaca tentang “BUNGA”.
Akhirnya, penulis berharap semoga makalah yang sederhana ini berguna bagi pembaca.  Kritik dan saran yang membangun selalu penulis harapkan demi perbaian makalah ini. Segala sesuatu yang benar itu datangnya dari Allah, dan apabila ada salah atau kekurangan itu datangnya dari penulis sendri. Semoga bermanfaat.
Wasalamu’alaikum Wr.Wb

PENYUSUN


Bab I

Pendahuluan

A.    Latar Belakang Masalah

Buah adalah pertumbuhan sempurna dari bakal buah (ovarium). Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan, yakni berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma.
Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan baik plasmogami, yakni persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariogami, yakni persatuan inti sel keduanya.
Setelah itu, zigot yang terbentuk mulai bertumbuh menjadi embrio (lembaga), bakal biji tumbuh menjadi biji, dan dinding bakal buah, yang disebut perikarp, tumbuh menjadi berdaging (pada buah batu atau drupa) atau membentuk lapisan pelindung yang kering dan keras (pada buah geluk atau nux).

B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana pengertian buah?
2.      Bagaimana karakteristik buah?
3.      Bagaiman tipe-tipe buah?
4.      Bagaiman pengertian bakal buah?
5.      Bagaimana penggolongan buah?

C.    Tujuan Masalah

1.      Mengetahui pengertian buah
2.      Mengetahui karaktristik buah
3.      Mengetahui tipe-tipe buah
4.      Menegetahui pengertia bakal buah
5.      Mengetahui penggolongan buah.

Bab II

Pembahasan

A.    Pengertian Buah

Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi.
Buah adalah pertumbuhan sempurna dari bakal buah (ovarium). Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan, yakni berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma. Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan baik plasmogami, yakni persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariogami, yakni persatuan inti sel keduanya.Setelah itu, zigot yang terbentuk mulai bertumbuh menjadi embrio (lembaga), bakal biji tumbuh menjadi biji, dan dinding bakal buah, yang disebut perikarp, tumbuh menjadi berdaging (pada buah batu atau drupa) atau membentuk lapisan pelindung yang kering dan keras (pada buah geluk atau nux). Sementara itu,[1] kelopak bunga (sepal), mahkota (petal), benang sari (stamen) dan putik (pistil) akan gugur atau bisa jadi bertahan sebagian hingga buah menjadi besar.[2] Pembentukan buah ini terus berlangsung hingga biji menjadi masak. Pada sebagian buah berbiji banyak, pertumbuhan daging buahnya umumnya sebanding dengan jumlah bakal biji yang terbuahi.Dinding buah, yang berasal dari perkembangan dinding bakal buah pada bunga, dikenal sebagai perikarp (pericarpium). Perikarp ini sering berkembang lebih jauh, sehingga dapat dibedakan atas dua lapisan atau lebih. Yang di bagian luar disebut dinding luar, eksokarp (exocarpium), atau epikarp (epicarpium); yang di dalam disebut dinding dalam atau endokarp (endocarpium); serta lapisan tengah (bisa beberapa lapis) yang disebut dinding tengah atau mesokarp (mesocarpium).
Pada sebagian buah, khususnya buah tunggal yang berasal dari bakal buah tenggelam, kadang-kadang bagian-bagian bunga yang lain (umpamanya tabung perhiasan bunga, kelopak, mahkota, atau benangsari) bersatu dengan bakal buah dan turut berkembang membentuk buah. Jika bagian-bagian itu merupakan bagian utama dari buah, maka buah itu lalu disebut buah semu. Itulah sebabnya menjadi penting untuk mempelajari struktur bunga, dalam kaitannya untuk memahami bagaimana suatu macam buah terbentuk.[3]

B.     Karakteristik Buah

Pada pembentukan buah, ada kalanya bagian bunga selain bakal buah ikut tumbuh dan merupakan suatu bagian buah. Bagian-bagian bunga yang terkadang tidak gugur, melainkan ikut tumbuh dan tinggal pada buah, biasanya tidak mengubah bentuk dan sifat buah itu sendiri, jadi tidak merupakan suatu bagian buah yang penting, misalnya :
1.      Daun-daun pelindung. Pada jagung daun-daun bunga tidak gugur, dan kita kenal kemudian sebagai pembungkus tongkol jagung (klobot).
2.      Daun-daun kelopak. Pada terong dan pada jambu , masih dapat kita lihat kelopak yang ikut merupakan bagian buah.
3.      Tangkai kepala putik. Bagian ini sering tinggal pada buah, misalnya pada jagung, yang kita kenal sebagai rambut jagung, juga pada semua macam jambu, masih dapat kita lihat tangkai kepala putik di bagian ujung buah.
4.      Kepala putik. Buah yang masih mendukung kepala putik ialah buah manggis, yang sekaligus pula dapat menunjukan jumlah daun buah dan jumlah ruangan dalam buah manggis tadi.
Buah yang semata-mata terbentuk dari bakal buah, atau paling banyak padanya terdapat sisa-sisa  bagian bunga yang lazimnya telah gugur itu, umumnya merupakan buah yang tidak terbungkus, jadi merupakan buah yang telanjang (fructus nudus). Buah ini juga dinamakan buah sejati atau buah sungguh. Bagian bunga ikut mengambil bagian dalam pembentukan buah. Bahkan seringkali merupakan bagian buah yang paling menarik perhatian. Buah yang demikian dinamakan buah palsu atau buah semu (fructus spurius). Pada buah semu, buah dinamakan Partenokarpi (parthenocarphy). Buah yang terjadinya dengan cara ini biasanya tidak mengandung biji, atau tidak ada bijinya, biji itu tidak mengandug lembaga, jadi bijinya tidak dapat dijadikan alat perkembangbiakan. Pembentukan buah dengan cara ini lazimnya kita dapati pada pohon pisang (Musa paradisiaca).[4]

C.    Tipe-tipe buah

Buah pada umumnya dibedakan dalam dua golongan, yaitu :
1.      Buah semu atau buah tertutup, yaitu jika buah itu terbentuk dari bakal buah beserta bagian-bagian lain pada bunga itu, yang malahan menjadi bagian utama buah ini (lebih besar, lebih menarik perhatian, dan seringkali merupakan bagian buah yang bermanfaat, dan dapat dimakan), sedangkan buah yang sesungguhnya tersembunyi.
2.      Buah sungguh atau buah telanjang, yang melulu terjadi dari bakal buah. Dan jika ada bagian bunga lainnya yang masih tinggal bagian ini tidak merupakan bagian yang berarti.
Buah terdiri atas biji dan badan yang menyelubungi biji kulit badan disebut dinding buah (Pericarpium) dapat dibedakan menjadi, dinding luar (Exocarpium), dinding dalam (Endocarpium) dan tengah (Mesocarpium). Susunan buah berkaitan erat dengan cara pemencaran biji. Pemencaran buah ada yang memerlukan perlindungan, misalnya buah nyamplung dan ada pemencaran tanpa bantuan. Factor luar yaitu :
a.       Hevea, Ricinus Communis
b.      Pemencaran oleh binatang (Zookari) dan oleh manusia (antropokari)
c.       Pemencaran oleh angin (anemokori)
d.      Pemencaran oleh air (hidrokori)
1.      Penggolongan Buah Semu
Buah semu dapat dibadakan dalam :
a.       Buah semu tunggal, yaitu buah semu yang terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah. Pada buah ini selain bakal buah ada bagian lain bunga yang ikut membentuk buah. Misalnya: tangkai bunga pada buah jambu monyet (Anacardium ocidentale) dan kelopak bunga pada buah ciplukan (Physalis  minima).
b.      Buah semu ganda, ialah jika pada satu bunga terdapat lebih daripada satu bakal buah yang bebas satu sama lain. Dan kemudian , masing-masing dapat tumbuh menjadi buah. Tetapi disamping itu ada bagian lain pada bunga tadi yang ikut tumbuh, dan merupakan bagian buah yang mencolok (dan seringkali yang berguna), misalnya buah arbe ( fragraria vesca).
c.       Buah semu majemuk, ialah buah semu yang terjadi dari bunga majemuk, tetapi selurunya dari luar tampak seperti satu buah saja, misalnya buah nangka (Artocarpus integra Merr), yang terjadi di ibu tangkai bunga yang tebal dan berdaging, beserta daun-daun tenda bunga yang pada ujungnya berlekatan satu sam lain, hingga merupakan kulit buah semu ini. Buah beringin (Ficus benyamina) adalah buah semu majemuk yang terjadi dari dasar bunga bersama yang terbentuk sperti priuk atau bulat dengan buah-buah yang sesungguhnya di sebelah dalamnya.[5]
2.      Penggolongan Buah Sungguh (Buah Sejati)
a.       Buah sejati tunggal, ialah buah sejati yang terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah saja. Buah ini dapat berisi satu biji atau lebih, dapat pula tersusun dari satu atau banyak daun buah dengan satu atau banyak ruangan, misalnya buah mangga (Mangifera indica) yang mempunyai satu ruang dengan satu biji.[6] Buah tunggal juga dapat dibedakan dalam :
1)      Buah sejati tunggal berdaging (carnosus), jika dinding buahnya menjadi tebal berdaging. Buah Sejati Tunggal Berdaging, umumnya tidak pecah saat masak. Contohnya : buah Mentimun (Pepo), susunannya dengan buah ini, kulit luar lebih tebal dan kuat, di tengah buah sering terdapat ruang kosong.
2)      Buah sejati tunggal kering (siccus), yaitu yang bagian luarnya keras dan mengayu atau seperti kulit yang mengering. Buah sejati tunggal kering di bedakan lagi dalam :
a)      Yang tidak pecah (indehiscens)
Tiap-tiap buah hanya mengandung 1 biji sehingga untuk pemencaran buah tak perlu pecah untuk melepaskan bijinya. Contohnya buah Padi (Caryopsis). Buah berbiji 1, tidak pecah. Dinding buah tipis, berlekatan menjadi satu dengan kulit biji sedang kulit biji ini kadang-kadang berlekatan pula dengan bijinya. Buah seluruhnya terbungkus oleh sekam.
b)      Yang pecah (dehiscens)
Umumnya buah ini mengandung lebih dari satu biji, sehingga pecahnya buah itu seakan-akan memang dengan suatu tujuan tertentu, yaitu agar biji terlempar jauh tidak terkumpul si suatu tempat. Berdasarkan cara pecahnya, buah ini dibedakan dalam :
1.      Buah berbelah (schizocarpium), buah ini mempunyai dua ruang atau lebih, masing-masing dengan sebuah biji di dalamnya. Menurut jumlah ruang-ruang, buah ini dibedakan lagi dalam :
a.       Buah belah dua (diachenium). Buah pada waktu masak membelah menjadi dua bagian, masing-masing menyerupai buah kurung dengan satu biji di dalamnya, contohnya Centella asiatica (daun kaki kuda).
b.      Buah belah tiga (triachenium). Buah membelah menjadi 3 bagian, contohnya Tropoelum majus.
c.       Buah belah empat (tetrachenium). Buah membelah menjadi empat bagian, contohnya Ocium basilicum.
d.      Buah belah lima (pentachenium). Seperti di atas, buah berbelah menjadi lima bagian.
e.       Buah belah banyak (polyachenium), seperti terdapat beberapa macam Malvaceae.
2.      Buah Kendaga (rhegma), buah ini sifatnya sama dengan buah belah. Tetapi bagian-bagiannya yang terpisah lalu pecah. Sehingga biji yang ada di dalamnya terlepas dari ruangan. Tiap-tiap bagian terbentuk oleh satu daun buah. Jadi buah tersusun dari sejumlah daun buah yang banyaknya sama dengan jumlah ruangan. Menurut jumlah ruang (kendaga) dapat dibedakan :
a.       Buah kendaga dua (dicoccus). Buah membelah menjadi 2 kendaga. Masing-masing lalu pecah dan mengeluarkan 1 biji.
b.      Buah kendaga tiga (tricoccus). Buah membelah menjadi 3 bagian. Contohmya Ricinua, Hevea.
c.       Buah kendaga banyak (polycoccus), buah menjadi banyak bagian. Misalnya Malvaceae.
3.      Buah Kotak, terdiri atas satu atau beberapa daun buah. Buah kotak dibedakan lagi dalam :
a.       Buah bumbung (folliculus). Buah ini terjadi dari sehelai daun buah. Mempunyai satu ruangan dengan banyak biji, jarang sekali hanya satu. misalnya: Calotropis, Lochnera.
b.      Buah polongan (legumen). Berasal dari sehelai daun buah dengan satu ruangan.
c.       Buah lobak (siliqua). Berasal dari dua daun buahdengan satu ruangan dan dua tembuni yang bertemu di tengah ruangan hingga merupakan suatu sekat semu. Umumnya terdapat pada Cruciferae.
d.      Buah kotak sejati (capsula). Berasal dari dua daun buah atau lebih yang mempunyai sejumlah ruangan sesuai dengan jumlah daun buahnya.[7]
b.      Buah sejati ganda, yang terjadi dari satu bunga dengan beberapa bakal buah yang bebas satu sama lain, dan masing-masing bakal buah menjadi satu buah, misalnya pada cempaka (Michelia champaca).
c.       Buah sejati majemuk, yaitu buah yang berasal dari suatu bunga majemuk, yang masing-masing bunganya mendukung satu bakal buah, tetapi setelah menjadi buah tetap berkumpul, sehingga seluruhnya tampak seperti satu buah saja, misalnya pada panda (Pandanus tectorius).[8]

D.    Bakal Buah

Bakal Buah adalah bagian putik yang membesar, dan biasanya terdapat ditengah-tengah dasar bunga. Dalam bakal buah terdapat calon biji atau bakal biji (Ovulum), yang bakal biji itu teratur pada tempat-tempat tertentu dalam bakal buah tadi. Bagian yang merupakan pendukung bakal biji, disebut tembuni (plecenta). Menurut letaknya terhadap dasar bunga kita membedakan :
1.      Bakal buah menumpang (superus), yaitu jika bakal buah duduk diatas dasar bunga sedemikian rupa, sehingga bakal buah tadi lebih tinggi, sama tinggi atau bahkan mungkin lebih rendah daripada tepi dasar bunga, tetapi bagian samping bakal buah tidak pernah berlekatan dengan dasar bunga. Biasanya bakal buah yang menumpang kita dapati pada bunga yang dasar bunganya cembung, rata, atau cekung dangkal sperti cawan.
2.      Bakal buah setengah tenggelam (hemi inferus), yaitu jika bakal buah duduk pada dasar bunga yang cekung, jadi tempat duduknya bakal buah selalu lebih rendah daripada tepi dasar bunga, dan sebagian dinding bakal buah itu berlekatan dengan dasar bunga yang berbentuk mangkuk atau piala.
3.      Bakal buah tenggelam (inferus), seperti pada buni tetapi seluruh bagian samping bakal buah berlekatan dengan dasar bunga yang berbentuk mangkuk atau piala tadi.
Telah dikemukakan, bahwa pada suatu bunga mungkin terdapat lebih daripada satu putik, yang masing-masing terdiri atas satu daun buah. Jadi pada bunga itu terdapat daun-daun buah yang tidak berlekatan satu sama lain. Dalam hal yang demikian dikatakan bahwa bakal buah atau putiknya bersifat : apokarp (pistillum apocarpum).
Jika bakal buah terdiri atas daun buah yang berlekatan satu sama lain, maka bakal bauh (putiknya) dinamakan senokarp (pistillum coenocarpum). Jika perlekatan daun-daun buah itu hanya merupakan satu putik dengan satu ruang saja, disebut : parakarp (pistillum paracarpum), tetapi jika dari perlekatan dau-daun itu terbentuk putik dengan jumlah ruang yang sesuai dengan jumlah daun buahnya, maka bakal buah atau putik  yang demikian itu dinamakan sinkarp (pistillum syncarpum). Berdasarkan jumlah ruang yang terdapat dalam satu bakal buah, bakal buah dapat dibedakan :
1.      Bakal buah beruang satu (unilocularis), bakal buah yang beruang satu dapat tersusu atas satu daun buah saja, misalnya pada bunga tumbuhan yang berbuah polong(leguminosae), dapat pula tersusun atas lebih daripada satu daun buah, misalnya pada bunag papaya (Carica papaya), Markisah (Passiflora quadrangularis).
2.      Bakal buah beruang dua (bilocularis). Bakal buah ini biasanya tersusun atas dua daun buah, seperti lazim terdapat pada  warga suku  Brassicaceae (kubis dan sejenisnya).
3.      Bakal buah beruang tiga (trilocularis). Bakal buah ini terjadi dari tiga daun buah yang tepinya melipat ke dalam dan berlekatan, sehingga terbentuklah bakal buah dengan tiga sekat, seperti terdapat pada warga suku getah-getahan (Euphorbiaceae).
4.      Bakal buah beruang banyak (multicolaris), yaitu bakal buah yang tersusun atas banyak daun buah yang berlekatan dan membentuk banyak sekat-sekat, dan dengan demikian terjadilah banyak ruang-ruang, seperti terdapat pada durian (Durio zibethinus Murr).
Dari uraian diatas dapat kita ketahui, bahwa ada bakal buah yang mempunyai satu ruang saja, tetapi ada pula yang mempunyai lebih daripada satu ruang. Jika dalam bakal buah terdapat lebih daripada satu ruang, maka bakal buah itu mempunyai sekat-sekat atau dinding pemisah, yang menyebabkan bakal buah terbagi dalam ruang-ruang tadi. Sekat-sekat yang membagi bakal buah menjadi beberapa ruang dapat dibedakan dalam:
1.      Sekat yang sempurna (Septum completus), yaitu jika sekat ini benar-benar membagi bakal buah menjadi lebih daripada satu ruang dan ruang-ruang yang terjadi tidak lagi mempunyai hubungan satu sama lain. Berdasarkan asalnya sekat itu, sekat yang sempurna dapat dibedakan lagi dua macam :
a.        Sekat asli (septum), yaitu jika sekat ini berasal dari sebagian daun buah yang melipat kedalam yang lalu berubah menjadi sekat, misalnya pada durian (durio zibethinus).
b.      Sekat semu (septum spurious), yaitu jika sekat tadi bukan merupakan sebagian daun buah, tetapi misalnya terdiri atas suatu jaringan yang terbentuk oleh dinding bakal buah. Bakal buah dengan sekat semu dapat ditemukan misalnya pada kecubung (daturametel).
2.      Sekat yang tidak sempurna (Septum incompletes), yaitu sekat-sekat yang membagi bakal buah menjadi beberapa ruang, tetapi ruang-ruang itu masih ada hubungannya satu sama lain. Melihat asalnya sekat itu, maka seperti halnya dengan sekat yang sempurna, sekat yang tidak sempurna ini dapat pula berasal dari suatu bagian daun buah, dapat pula mempunyai asal yang lain.[9]

Jika penyerbukan pada bunga telah terjadi dan kemudian diikuti pula oleh pembuahan, maka bakal buah akan tumbuh menjadi buah, dan bakal biji yang terdapat didalam bakal buah akan tumbuh menjadi buah, dan bakal biji yang terdapat didalam bakal buah akan tumbuh menjadi biji.
Pada pembentukan buah, ada kalanya bagian bunga selain bakal buah ikut tumbuh dan merupakan suatu bagian buah. Sedang umumnya segera setelah terjadi penyerbukan dan pembuahan bagian-bagian bunga selain bakal buah segera menjadi layu dan gugur. Dari putik sendiri dengan tegas disebut hanya bakal buahnya, karena biasanya tangkai dan kepala putiknya gugur pula seperti halnya dengan bagian-bagian yang lain.
Bagian-bagian bunga yang kadag-kadang tidak gugur, melainkan ikut tumbuh dan tinggal pada buah, biasanya tidak mengubah bentuk dan sifat buah itu sendiri, jadi tidak merupakan suatu bagian buah yang penting, misalnya:
a.       Daun-daun pelindung
Pada jagung daun-daun pelindung bunga betina tidak gugur, dan kita kenal kemudian sebagai pembungkus tongkol jagung (klobot).
b.      Daun-daun kelopak
                              Pada terong dan jambu, masih dapat kita lihat kelopak yang ikut merupakan bagian buah.
c.       Tangkai kepala putik
Bagian ini juga sering tinggal pada buah, misalnya pada jagung, yang kita kenal sebagai rambut jagung, juga pada semua macam jambu,masih dapat kita lihat tangkai kepala putik dibagian ujung buah. 
d.      Kepala putik
Buah yang masih mendukung kepala putik ialah buah manggis, yang sekaligus dapat pula menunjukan jumlah daun jumlah ruangan dalam buah manggis tadi.

Buah yang semata-mata terbentuk dari bakal buah , atau paling banyak padanya terdapat sisa-sisa bagian bunga yang lazimnya telah gugur itu, umumnya merupakan buah yang tidak terbungkus, jadi merupakan buah yang telanjang (fructus nudus). Buah ini juga dinamakan buah sejati atau buah sungguh.
Kecual bakal buahnya sendiri seringkali terjadi, bahwa ada bagian bunga yang ikut mengambil bagian dalam pembentukan buah, bahkan seringkali merupaka bagian buah yang paling menarik perhatian. Dalam pembicaraan sehari-hari buahnya yang benar sering kali tidak dikenal lagi. Apa yang dinamakan buahnya justru bagian bunga yang telah berubah sedemikian rupa, sehingga menjadi bagian buah yang penting. Buah yang demikian dinamakan buah palsu atau buah semu (fructus spurious). Pada buah semu buah yang sesungguhnya seringkali tidak kelihatan (tertutup), karena itu seringkali buah semu itu dinamakan pula buah tertutup (fructus clousus). Perkecualian tetap ada, misalnya buah jambu mete, buah yang sebenarnya (yang menghasilka metenya) tetap kelihatan.
Adapun bagian-bagian bunga yang sering kali ikut tumbuh dan menyebabkan terjadinya buah semu, misalnya:
a.       Tangkai Bunga
Pada jambu monyet atau jambu mete, tangkai bunga menjadi besar, menjadi besar, tebal, berdaging dan merupakan bagian buah yang dapat dimakan pula, sedang buah yang sesungguhnya lebih kecil, berkulit keras terdapat pada ujung bagian yang membesar ini.

http://media5.picsearch.com/is?q30Ra43wybDGYUj2RtXc8Lb1Hiwpi08lBpf4DEP2xGk&height=420  Jambu Mete, Buah, Pohon, Anacardiaceae, Mangga Keluarga

b.      Dasar bunga bersama
            Pada suatu bunga majemuk, misalnya pada bunga lo dan sebangsanya, dasar bunga yang membentuk perikuk itu juga membesar dan membulat, tebal, berdaging,, menyelubungi sejumlah  besar buah-buah yang sesungguhnya, yang tidak tmpakdari luar, karena terdapat dalam badan yang berbentukseperti perikuk tadi. Juga bagian ini sering kali dimakan.

http://www.necturajuice.com/wp-content/uploads/2012/12/lo-han-kuo.jpg http://www.necturajuice.com/wp-content/uploads/2012/12/tanaman-lo-han-kuo.png
c.       Dasar bunga pada bumga tunggal.M
Misalnya pada  arbe (fragraria uesca L.) yang kemudan menjadi berdaging tebal dan merupakan bagian yang dapat dimakan pula, sedang buah yang sesungguhnya kecil, hampir tak kelihatan.

d.      Kelopak Bunga
Pada ciplukan (Hyisalis minima L. ) pada pembentukan buah, kelopak tumbuh terus menjadi badan yang menyelubungi buah yang sebenarnya. Jadi buah yang sebenarnya tadi tidak tampak sama sekali  dari luar.
Physa angul 060503 5330 tdp.jpg
e.       Tanda bunga dan ibu tangkai pada bunga majemuk
Pada pohon nangka ( artocaprus integra Merr) misalnya ibu tangkai bunga dan semua tenda bunga pada bunga majemuk ini akhirnya tumbuh sedemikian rupa, sehingga seluruh perbungaan seakan-akan hanya menjadi satu buah saja.                                                                                                                                                                                                                           
Buah nangka
Pada umumnya buah hanya akan tebentuk sesudah terjadi penyerbukan dan pembuahan pada bunga. Walaupun demikian mungkin pula buah akan tebentuk tanpa ada penyrbukan dan pembuahan. Peristiwa terbentuknya buah yang demikian itu di namakan partenokarpi ( phartenocarpy). Buah yang terjadi dengan cara ini biasanya tidak mengandung biji, atau jika ada bijinya, biji itu tidak mengandung lembaga, jadi bijinya tak dapat di jadikan alat perkembangbiakan. Pembentukan buah dengan cara ini lazim kita dapati pada pohon pisang ( Musa Paradisiaca L)
Berdasarkan uraian di atasa, buah dapat dibedakan menjadi 2 golongan yaitu: buah semu atau buah tertutup, dan buah sungguh atau buah telanjang.

E.     Penggolongan Buah Semu

            Buah semu dapat di bedakan dalam :
a.       Buah semu tunggal, yaitu buah semu yang terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah. Pada buah ii selain bakal buah ada bagian lain bunga yang ikiut membentuk buah,misalnya: tangkai bunga, pad buah jambu monyet (Annacardium occidentale L.),tangkai kelopak bunga pada buah ciplukan (Physalis Minima L. )
b.      Buah semu ganda, ialah jika suatu bunga terdapat lebih dari pada satu bakal buah yang bebas satu sama lain, dan kemudian masing-masing dapat tumbuh menjadi buah. Tetapi disamping itu ada bagian lain pada bunga tadi yang ikut tumbuh  dan merupakan bagian buah yang menyook, misalnya pada buah arbe.
c.       Buah semu majemuk, ialah buah semu yang terjadi dari bunga majemuk, tetapi seluruhnya dari luar tampak seperti satu buah saja misalnya buah nangka.

F.     Penggolongan Buah Sungguh ( Buah Sejati)

Sama halnya dengan buah semu,buah sejati pertama-tama dapat dibedakan lebih dahulu dalam tiga golongan, yaitu:
a.       Buah sejati tunggal, ialah buah sejati yang terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah saja. Buah ini berisi satu biji atau lebih, dapat pula trersusun dari satu atau banyak daun buah dengan satu atau banyak ruangan, misalnya pada buah mangga, buah papaya, buah durian, dan lain-lain.
Buah mangga gedong gincu, dari Tomo, Sumedang Khasiat Buah Pepaya Durian, Durio zibethinus
b.         Buah sejati ganda, yang terjadi dari sutu bunga dengan beberapa bakal buah yang bebas satu sama lain, dengan masing-masing bakal buah menjadi satu buah, misalnya pada cempaka.
c.       Buah sejati majemuk, yaitu buah yang berasal dari suatu bunga majemuk, yang masing-masing bunganya mendukung satu bakal buah, tetapi setelah menjadi buah tetap berkumpul, sehingga seluruhnya tampak seperti  satu buah saja, misalnya pada pandan.

G.    Buah Sejati Tunggal

                        Buah sejati tunggal dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu:
a.       Buah sejati tunggal yang kering (siccus), yaitu buah sejati tunggal yang bagian luarnya keras seperti kulit yang kering, misalnya buah kacang tanah dan padi.
b.      Buah sejati tuggal yang berdaging (carnosus), ialah jika dinding buahnya menjadi tebal berdaging. Dinding buah sering kali dengan jelas dapat dibedakan dalam tiga lapisan yaitu:
·         Kulit luar (exocarpium atau epicarpium), merupakan lapisan tipis, tetapi sering kali kuat atau kaku seperti kulit, dengan permukaan yang licin.
·         Kulit tengah (mesocarpium) biasanya tebal berdaging, atau berserabut, dan jika lapisan ini dapat dimakan, maka lapisan inilah yang dinamakan daging buah, misalnya pada mangga.
·         Kulit dalam (endocarpium) yang berbatasan dengan ruang yang mengandung bijinya, seringkali cukup tebal dank eras, misalnya pada kenari, kelapa, dan lain-lain.
1.   Buah kendaga
Buah ini mempunyai sifat seperti buah berbelah, tetapi tiap bagian buah kemudian pecah lagi, sehingga dengan itu biji dapat terlepas dari biliknya. Tiap bagian buah terbentuk dari sehelai daun buah, jadi buah ini tersusun atas sejumlah daun buah yang sesuai dengan jumlah ruangan (kendaga) yang terdapat dalam buah itu.
Menurut jumlah kendangnya buah ini dapat dibedakan lagi dalam :
1.      Buah berkendaga dua (dicoccus). Buah ini jika masak pecah menjadi dua bagian buah, masing-masing pecah lagi dan mengeluarkan biji.
2.      Buah berkendaga tiga (tricoccus). Kalau masak pecah menjadi tiga bagian, masing-masing pecah dan mengeluarkan satu biji. Misalnya buah jarak dan buah para.
3.      Buah berkendaga lima (pentacoccus) seperti diatas dengan lima bagian buah, masing-masing dengan satu biji, misalnya buah Geranium.
4.      Buah berkendaga banyak (polycoccus). Jika buah mempunyai sifat-sifat seperti diatas, tetapi jika masak dapat menjadi beberapa bagian buah, masing-masing dengan satu bijiyangg dapat dikeluarkan.
2.      Buah kotak
yaitu suatu buah kering sejati tunggal yang mengandung banyak biji, terdiri atas satu atau beberapa daun buah, jika masak lalu pecah, tetapi kulit buah yang pevah itu sampai lama melekat  pada tangkai buah. Buah kotak dapat dibedakan dalam :
1.      Buah bumbung (folliculus), buah ini tersusun atas sehelai daun buah, mempunyai satu ruangan dengan banyak biji di dalamnya, jarang sekali hanya memiliki satu biji. Jika sudah masak, buah pecah menurut salah satu kampuhnya, biasanya pecah menurut kampuh perutnya, misalnya buah biduri dan bunga sari cina.
2.      Buah polong (legumen), buah ini terbentuk dari satu daun buah pula dan mempunyai satu ruangan atau lebih (karena adanya sekat-sekat semu). Jika sudah masak, buah ini pecah menurut kedua kampuhnya (kampuh perut dan kampuh punggung). Buah yang demikian ini terdapat pada semua jenis tumbuhan yang tergolong : papilionacea, misalnya orok-orok. Caesalpiniaceae, misalnya kembang merak. Dan Mimosaceae, misalnya pohon saman.
Berikut karakteristik buah ini untuk ketiga suku ini,hingga ketiga-tiganya ada pula yang menyatukan menjadi satu  suku besar dengan nama : tumbuhan berbuah polong.
Selain adanya sekat-sekat semu, yang menyebabkan ruang buah polong itu terbagi menjadi beberapa bilik, masing-masing dengan satu biji, ada pula buah polong yang sifatnya menyimpangdari kedua tipe tersebut diatas, yaitu :
-        Buah masak didalam tanah, dan jika masak tidak pecah, misalnya kacang tanah dan kacang bogor.
-        Buah mempunyai kulit yang berdaging dan jika masak juga tidak pecah, misalnya buah asam dan nam nam.
-        Buah mempunyai susunan seperti buah batu dengan tiga lapisan kulit buah, hanya mempunyai satu ruang dan satu biji, jika masak juga tidak pecah, misalnya pada pohon gayam.
3.      Buah lobak atau polong semu (siliqua). Buah ini termasuk atas dua daun buah, mempunyai satu ruangan dengan dua tembuni pada perlekatan daun buahnya. Buah ini membentuk sekat semu, sehingga kedua tambuni pada perlekatan daun buah terpisah oleh sekat semu tadi dan oleh sekat semu itu buah lalu terbagi menjadi dua ruangan, masing-masing dengan dua tambuni.Jika buah sudah masak, buah ini pecah menurut kedua kampuhnya, tetapi tidak  seperti buah polong yang pecahnya mulai dari ujung buah, melainkan dari pangkal buah dan tetap berlekatan dibagian ujungnya. Buah dengan susunan demikian ini umum terdapat pada lobak dan sawi.Jika perbandingan lebar/panjang buah kurang dari 3. Maka kita dapati buah lobak yang buntek atau buntek atau pendek.
4.      Buah kotak sejati (capsula). Buah ini terjadi dari dua daun buah atau lebih, dan mempunyai ruangan yang jumlahnya sesuai dengan banyaknya daun buah. Buah ini jika sudah masak juga membuka, hingga biji yang ada didalam nya dapat keluar.
Cara membuka buah ini bermacam-macam :
a.       Dengan katup-katup atau kelep (valva). Daun buah mulai lepas dari ujung buah, tetapi dipangkal tetap berkelatan.
Pecahnya buah ini dapat :
-          Membelah ruangan (loculicidus), hingga biji langsung dapat keluar.
-          Membelah sekat-sekat (septicidus), jadi katup-katupnya sesuai lipatan daun buahnya.
Buah yang pecah dengan membelah ruangan buah, misalnya buah durian. Sedangkan yang membelah sepanjang sekat contohnya buah kesumba.
b.      Dengan retak-retak atau celah-celah (rima), buah pecah menurut bagian tengah katup-katup, pada ujung dan pangkal buah teta berlekatan, misalnya pada buah anggerik.
c.       Dengan gigi-gigi (dens), jika buah pecah hanya sepanjang bagian ujung katup-katup saja. Misalnya buah anyelir.
d.      Dengan liang (porus). Kalau sudah masak buah membuka dengan liang-liang pada ujung atau pangkalnya. Misalnya buah tanaman apyum.
e.       Dengan tutup (operculum). Pada ujung buah terdapat bagian yang merupakan tutup, yang membuka jika buah sudah masak. Misalnya buah krokot.
3.      Buah Sejati Ganda
Seperti telah diterangkan, buah sejati ganda adalah buah yang terjadi dari satu bunga dengan banyak bakal buah yang masing-masing bebas, dan kemudian tumbuh menjadi buah sejati, tetapi kesemuannya tetap berkumpul pada satu tangkai.
Menurut sifat masing-masing buah yang berkumpul tadi, buah sejati ganda dapat dibedakan dalam :
1.      Buah kurung ganda, misalnya pada mawar. Dalam badan yang berasal dari dasar bunganya yang berbentuk periuk terdapat banyak buah-buah kurung.
2.      Buahh batu ganda, pada jenis-jenis rubus. Bunganya mempunyai banyak bakal buah yang kemudian masing-masing menjadi buah batu.
3.      Buah bumbung ganda, berasal dari bunga dengan beberapa bakal buah yang masing-masing tumbuh menjadi buah bumbung. Terdapat pada pohon cempaka.
4.      Buah buni ganda, seperti diatas tetapi bakal buah berubah menjadi buah buni. Misalnya srikaya.
5.   Buah Sejati Majemuk
Buah majemuk berasal dari suatu bunga majemuk, jadi merupakan kumpulan banyak buah, yang masin-masing berasal dari satu bunga. Kadang-kadang buah majemuk kelihatan seperti satu buah saja.
Sama halnya dengan buah sejati ganda kita dapat membedakan :
1)      Buah buni majemuk, jika bakal buah masing-masing bunga dalam keadaan majemuk membentuk suatu buah buni seperti terdapat pada nenas. Pada buah nenas pada pembentukan buah ikut pula mengambil bagian daun-daun pelindung dan daun-daun tenda bunga, sehingga keseluruhannya nampak sebagai satu buah saja.
2)      Buah batu majemuk, yang terdapat pada pandan. Pada pandan rangkaian bunga betinanya setelah mengalami penyerbukan berubah menjadi buah batu majemuk, yang masih kelihatan sebelah luarnya, bahwa kelompokkan buah itu adalah kumpulan banyak buah. Masing-masing memiliki kulit buah dengan tiga lapisan seperti buah kelapa, yaitu dengan lapisan tengah yang berserabut hingga dapat terapung dan dapat dipencarkan oleh air.
3)      Buah kurung majemuk, terdapat misalnya pada bunga matahari. Bunga tumbuhan ini merupakan bunga majemuk yang terdiri atas bunga-bunga mandul di tepi dan bunga yang subur itu setelah penyerbukkan berubah menjadi sebuah buah kurung maka seluruh bunga akan berubah menjadi suatu buah kurung majemuk.

Bab III

Penutup

A.    Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari makalah ini adalah :
1.      Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium)
2.      Pada pembentukan buah, ada kalanya bagian bunga selain bakal buah ikut tumbuh dan merupakan suatu bagian buah. Bagian-bagian bunga yang terkadang tidak gugur, melainkan ikut tumbuh dan tinggal pada buah, biasanya tidak mengubah bentuk dan sifat buah itu sendiri, jadi tidak merupakan suatu bagian buah yang penting
3.      Tipe buah ada dua macam yaitu buah semu dan buah sungguhan.
4.      Bakal Buah adalah bagian putik yang membesar, dan biasanya terdapat ditengah-tengah dasar bunga
5.      Penggolongan buah adalah sebagai berikut :
a.    Buah semu tunggal
b.   Buah semu ganda
c.    Buah semu majemuk
d.   Buah sejati tunggal
e.    Buah sejati ganda
f.    Buah sejati majemuk

B.     saran

Setelah Penulis dapat menyelesaikan makalah ini, kami harapkan saran dan kritik dari ibu pembimbing dan rekan-rekan sekalian demi kesempurnaan makalah ini. Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi yang membacanya. Aamiin.

Daftar Pustaka

Tjitrosoepomo, Gembong. 2009. Morfologi Tumbuhan.Jakarta: Gajah Mada Uneversity Press
http://donloadmakalah.blogspot.com/2012/05/makalah-morfologi-tumbuhan-buah.html (Palangkaraya, Selasa 23 September 2014 : 13.53 WIB).
http://id.wikipedia.org/wiki/Buah#Pembentukan_buah (Palangkaraya, Selasa 23 September 2014 : 13.46 WIB)
http://horti-fresh.blogspot.com/2012/11/proses-pembentukan-buah.html (Palangkaraya, Selasa 23 September 2014 : 13.49 WIB)
http://id.wikipedia.org/wiki/Buah#Pembentukan_buah (Palangkaraya,Selasa 23 September 2014 : 13.46 WIB)


[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Buah#Pembentukan_buah (Palangkaraya,Selasa 23 September 2014 : 13.46 WIB)
[2] http://horti-fresh.blogspot.com/2012/11/proses-pembentukan-buah.html (Palangkaraya, Selasa 23 September 2014 : 13.49 WIB)
[3] http://id.wikipedia.org/wiki/Buah#Pembentukan_buah (Palangkaraya,Selasa 23 September 2014 : 13.46 WIB)

[4] http://id.wikipedia.org/wiki/Buah#Pembentukan_buah (Palangkaraya,Selasa 23 September 2014 : 13.46 WIB)


[5] http://horti-fresh.blogspot.com/2012/11/proses-pembentukan-buah.html (Palangkaraya, Selasa 23 September 2014 : 13.49 WIB)
[6] http://id.wikipedia.org/wiki/Buah#Pembentukan_buah (Palangkaraya,Selasa 23 September 2014 : 13.46 WIB)


[8] http://id.wikipedia.org/wiki/Buah#Pembentukan_buah (Palangkaraya,Selasa 23 September 2014 : 13.46 WIB)

[9] http://donloadmakalah.blogspot.com/2012/05/makalah-morfologi-tumbuhan-buah.html (Palangkaraya,Selasa 23 September 2014 : 13.53 WIB).

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung dan mohon komentar yang membangun namun santun...