Menu Bar 1

Monday 27 October 2014

Jenis –jenis ikatan kimia



 
1. Ikatan ion/ikatan elektrovalen/ikatan heteropolar
 Adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat gaya tarik menarik antara ion positif ( kation) dengan ion negtif (anion) disebut sebagai ikatan ion.Jika atom atom logam berdekatan atom-atom lain bukan logam akan terjadi perpindahan electron valensi dari atom  logam kepada atom bukan logam.Akibatnya atom logam yang membentuk kation sedangkan atom bukan logam membentuk anion. Antara anion dan kation  yang berlawanan muatan akan saling tarik menarik dan terbentuklah ikatan ion ( elektrovalen).
Contoh :
Atom logam natrium yang mempunyai susunan elektron 2e 8e 1esedangkan atom klor mempunyai susunan electron 2e 8e 7e. Agar kedua atom di atas mempunyai susunan electron stabil (octet )maka logam natrium akan melepaskan sebuah electron valensinya,sedangkan atom klor cenderung untuk menerima electron yang dlepaskan oleh natrium tersebut.

2. Ikatan kovalen/ ikatan atom / ikatan homopolar
Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi akibat pemakaian bersama pasangan elektron oleh dua atom yang berikatan.Ikatan kovalen terbentuk di antara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron(semi logam dan bukan logam) . pasangan elektron yang di pakai bersama dapat berupa sumbangan masing – masing atom berikatan atau sumbangan satu atom berikatan.
3. Ikatan kovalen koordinasi / ikatan semipolar
Pasangan electron yang digunakan bersama dalam membentuk ikatan kovalen berasal dari salah satu atom yang berikatan ( atom donor ), sedangkan atom yang lain tidak menyumbangkan elektron(atom aseptor). Ikatan kovalen koordinasi hanya dapat terbentuk apabila salah satu atom mempunyai pasangan electron bebas (PEB). Ketika berikatan, PEB berubah status menjadi PEI.
Contoh :
Pembentukan ikatan antara amonia dengan ion hydrogen membentuk ion ammonium. Atom N dalam amonia mempunyai pasangan electron bebas yang dapat dipergunakan bersama dengan ion hydrogen yang telah kehilangan elektronnya.
4. Ikatan logam
Adalah gaya tarik menarik seperti pada molekul-molekul polar dapat juga terjadi antara muatan positif dari ion-ion logam dengan muatan negative dari eklektron-elektron yang bergerak bebas.
Kekuatan ikatan logam di pengaruhi oleh :
                                i.            Jari-jari atom,makin besar jari-jari atom menyebabkan ikatan logam semakin lemah
                              ii.            Jumlah electron valensi,makin banyak lelektron valensinya ikatan logam semakin kuat.
                            iii.            Jenis electron s,p atau d. logam-logam blok s ikatanya paling lemah dan logam-logam blok d ikatanya paling besar.
5. Ikatan hidrogen
 Ikatan hindrogen adalah gaya tarik menarik antar atom H dan atom lain yang memiliki keeletromagnetikan yang besar pada suatu molekul dari senyaw yang sama.contohnya : H2O.
6. Ikatan Van Der Walls
Ikatan van der wall atau gaya van der wall merujuk pada gaya- gaya yang timbul dari polarisasi molekul menjadi dipol seketika.Ikatan ini adalah ikatan antar molekul yang paling lemah.contohnya: titik didih etena,CH3CH3,dan flourometana,CH3F.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung dan mohon komentar yang membangun namun santun...