Menu Bar 1

Monday 14 August 2017

Apa yang Harus Kulakukan setelah Berbuat Dosa

Anda mungkin bertanya, “Bila aku melakukan sebuah dosa, bagaimana aku dapat segera bertaubat darinya? Adakah yang harus aku lakukan segera setelah berbuat dosa?” 
Jawabannya adalah ada dua hal yang harus dilakukan setelah melakukan dosa. Yang pertama adalah merasa menyesal di dalam hati dan berketetapan hati untuk tidak mengulangi berbuat dosa tersebut. Ini adalah buah dari rasa takut kepada Allah. Yang kedua adalah melakukan tindakan fisik untuk melakukan berbagai jenis kebajikan, seperti shalat taubat. Abu Bakrah berkata: “Ada seorang laki-laki yang berbuat dosa, kemudian bangkit dan bersuci, lalu shalat dua raka’at kemdian memohon kepada Allah agar mengampuninya, dan Allah akan mengampuninya.” (Diriwayatkan oleh Ashabus Sunan; lihat Shahih AtTraghib wat-Tarhib,1/284). Kemudian dia membaca ayat ini:
“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS Al-Imran [3] : 135) 

Riwayat shahih yang lain menjelaskan bagaimana melakukan shalat dua rakaat untuk menebus dosa. Secara ringkas dijelaskan:
Berwudhu. “Tidak ada yang melakukan wudhu dan melakukannya dengan baik, melainkan dosa-dosanya akan jatuh dari anggota badan yang dibasuh dengan air atau dengan tetes air terakhir.” 
Seseorang harus berwudhu dengan baik termasuk mengucapkan ‘Bismillah’ diawalnya dan mengucapkan beberapa doa setelahnya, seperti:
“Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya”. 
Atau:
Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci”.
Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq selain Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu”.
Mengucapkan salah satu dari doa ini setelah berwudhu akan memberikan pahala yang besar. 
Berdiri dan mengerjakan shalat dua raka’at. 
Tidak melakukan kesalahan atau melupakan suatu bagian dari shalat. 
Tidak membiarkan pikirannya berkeliaran. 
Berkonsentrasi dengan benar dan berpikir mengenai Allah ketika shalat. 
Memohon ampun kepada Allah. 
Hasilnya adalah bahwa dosa-dosanya akan diampuni, dan dia dijanjikan Surga. (Lihat Shahih At-Targhib, 1/94-95). 
Hal ini harus diikuti dengan lebih banyak amal kebajikan dan perbuatan ketaatan kepada Allah. Ketika  Umar  menyadari bahwa dia telah melakukan kesalahan tidak sependapat dengan Rasulullah  dalam proses perjanjian Hudaibiyah, dia berkata, “Karena hal itu aku banyak beramal.” Yakni melakukan amal saleh sebagai penebus atas dosa itu. 
Renungkanlah contoh yang dibawakan dalam hadits shahih berikut: 
Nabi berkata:
“Perumpamaan orang yang melakukan amal keburukan dan kemudian melakukan amal kebajikan seperti seorang laki-laki yang mengenakan rantai besi yang hampir mencekiknya; ketika dia melakukan amal kebajikan rantai itu menjadi lebih longgar, kemudian dia terus melakukan amal kebajikan rantai menjadi semakin longgar sampai terlepas darinya dan jatuh ke tanah.” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Kabir; Lihat juga Shahih Al-Jami’, 2192) 
Maka amal saleh akan membebaskan pelaku dosa dari penjara kemaksiatan dan membawanya kepada kehidupan yang baru, ketaatan kepada Allah.
Ibnu Mas’ud berkata; “Seorang laki-laki datang kepada Nabi dan berkata, “Ya Rasulullah, saya menemukan seorang wanita di sebuah taman dan saya melakukan segalanya dengannya kecuali jima’, maka perlakukanlah aku sekehendakmu.” Rasulullah  tidak mengatakan sesuatu apapun, dan orang itu pun pergi. Umar berkata, “Allah telah menutupi dosanya, seharusnya dia sendiri menutupi dosanya.” Rasulullah mengikuti laki-laki itu dengan pandangannya kemudian berkata, “Bawalah dia kembali menghadapku.” Maka mereka memanggilnya kembali, dan Nabi membacakan untuknya:
“Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS Hud [11] : 114) 
Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Umar, Mu’adz berkata; “Ya Rasulullah, apakah ini hanya baginya ataukah juga berlaku untuk semua orang?” Nabi berkata: “Tidak, hal ini berlaku bagi semua orang.” (Diriwayatkan oleh Muslim).

[Aku Ingin Bertaubat, Tetapi… Syaikh Muhammad Saleh Al-Munajjid]n

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung dan mohon komentar yang membangun namun santun...